Kamis, 16 Februari 2017

Autis/Autisme/Autistic Disorder (learning disabilities)

Anak Autis/Autisme (Autistic Disorder)

    Autistic Disorder adalah gangguan pada anak yang ditandai dengan 3 hal berikut ini :

1.Mengalami Hambatan Pada Interaksi Sosial

Image result for autism social interaction

Dalam hal ini meliputi berbagai hal berikut ini:


a. Sulit bermain dengan teman sebaya.
b.Sulit untuk menunjuk sesuatu, jika kita menyuruh anak tersebut untuk menunjuk sesuatu,dia tidak akan mengikuti perintah kita
tetapi malah mengalihkannya ke hal-hal lain.
c. Sering tidak menoleh jika dipanggil(cuek).

Image result for autism
d. Kurang ekspresif(muka datar) dan sering menunjukkan ekspresi yang tidak sesuai dengan konteks misalnya,  ketika kita memperlihatkan dia hal-hal yang menakutkan ataupun menjijikan dia bukannya takut ataupun jijik melainkan tertawa, marah, atapun dengan ekspresi lainnya yang tidak sesuai dengan konteks.
e. Sangat sulit untuk menatap mata lawan bicaranya, dalam beberapa peristiwa ada yang mungkin menatap mata lawan bicaranya namun itupun hanya dalam waktu yang sangat singkat, yaitu sekitar 1-2 detik saja.


Image result for anak autis



f. Hal yang paling umum ialah, anak dengan penyandang autis selalu hidup dengan dunianya sendiri dan tidak pernah mau peduli dengan lingkungan sekitarnya.




Image result for anak autis2.Mengalami Hambatan Dalam Komunikasi




a. Terlambat bicara, jika seorang anak pada usia 18 bulan masih belum bisa mengucapkan 10 kata tunggal (ayah, ibu, sapu ,buku, dan lain sebagainya.) ini bisa menjadi salah satu pertanda anak mengidap autisme.
b. Sulit untuk mengobrol dengan orang lain, karena hal di bagian pertama tadi yaitu anak dengan gangguan autis selalu hidup dengan dunianya sendiri sehingga tidak memperdulikan orang-orang disekitarnya.




Image result for anak autisc. Bicara tidak sesuai dengan konteks artinya lain pertanyaan yang kita ajukan lain pula jawaban yang anak tersebut berikan.
d. Anak tersebut mampu berbicara namun dengan bahasa yang kita tidak bisa mengerti, kata kasarnya "bahasa planet".



Image result for autism children playing

e. Sulit bermain imajinatif, seperti bermain dokter-dokteran, masak-masakan dan lain sebagainya.
f. Jika kita menunjuk sesuatu lalu menyuruh anak itu untuk melihat benda yang kita tunjuk maka, bukan benda yang kita tunjuk yang dia lihat melainkan jari kita.






3.Adanya Perilaku Berulang atau Minat Yang Aneh atau Terbatas

Image result for flapping autism
a. Anak dengan penyandang autis memiliki perilaku berulang yang tidak wajar, contohnya; memainkan jarinya secara terus-menerus dalam waktu yang cuku lama, melakukan flapping(gerakan seperti mengipas dengan menggunakan kedua tangannya dan masih banyak lagi.
Image result for autism children playing

b. Menyukai hal yang sama secara terus menerus, misalnya saja ada seorang anak yang menyukai suatu jalan yang sering ia lalui ketika pulang dari sekolah menuju ke rumahnya maka ia akan selalu melewati jalan tersebut dan akan sangat marah, menangis bahkan "mengamuk" jika bukan jalan itu lagi yang ia lalui ketika pulang dari sekolahnya.

c. Suka mengurutkan benda-benda dan akan sangat marah jika urutan benda tersebut dirubah.

d. Tidak suka jika barang ataupun sesuatu lain yang menjadi kesukaannya dirubah posisinya.
e. Tidak suka jika rutinitasnya dirubah.
f. Tidak menyukai barang yang disukai oleh anak seusianya, jika anak seusianya menyukai permainan mobil-mobilan lalu memainkan mobil-mobil tersebut layaknya mobil yang nyata maka berbeda dengan anak penyandang autis, mereka hanya akan memainkan bagian rodanya saja ataupun bagian yang lainnya.





catatan : JIKA ANAK MENUNJUKKAN 3 GEJALA DI ATAS SECARA KESELURUHAN  PADA USIA 36 BULAN MAKA KEMUNGKINAN BESAR ANAK TERSEBUT MENGIDAP AUTISME TAPI TENTUNYA PERLU UNTUK KITA LAKUKAN PEMERIKASAAN KESEHATAN LAGI KE DOKTER YANG MENANGANI TERSEBUT AGAR TIDAK TERJADI KEKELIRUAN.

1 komentar:

  1. Semoga ilmunya bermanfaat dan jika ada kekurangan mohon kritik,saran dan tanggapan kawan-kawan sekalian

    BalasHapus